A.
Pengertian Diskusi
-
Diskusi
adalah pembicaraan antara dua atau beberapa orang dengan tujuan mendapatkan
suatu pengertian , kesepakatan, atau keputusan bersama mengenai suatu masalah.
-
Dalam diskusi
terdapat pimpinan diskusi, notulis, dan peserta diskusi.
-
Pimpinan diskusi
bertugas membuka diskusi, mengatur jalannya diskusi, menyimpulkan dan
memutuskan hasil diskusi.
-
Notulis bertugas
mencatat pelaksanaan diskusi dari awal sampai akhir serta menulis laporan
diskusi.
-
Peserta diskusi
bertugas mengemukakan pendapat atau gagasan dan bertanggung jawab terhadap
pelaksanaan dan hasil diskusi.
B.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam diskusi
1.
Mengemukakan pendapat
·
Menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·
Menyampaikan
pendapat dengan kalimat yang singkat dan jelas.
·
Gagasan dan
tanggapan yang disampaikan disertai dengan alas an-alasan yang dapat
dipertanggungjawabkan.
·
Bersikap wajar,
tidak kaku, tidak angkuh, tidak pemalu, dan tidak pesimis.
2.
Menolak pendapat
·
Pendapat
disampaikan dengan alasan yang logis dan berkaitan dengan hal yang ditolak.
·
Menunjukkan
kekurangan pendapat yang ditolak tanpa menghina dan menyinggung perasaan.
3.
Bertanya
·
Menanyakan
hal-hal yang benar-benar belum diketahui.
·
Bersikap rendah
hati.
·
Menawarkan
jawaban sebagai saran.
·
Menyampaikan
pertanyaan dengan singkat dan jelas.
C.
Laporan hasil diskusi
Penyusunan
laporan hasil diskusi harus sistematis dan meliputi hal-hal berikut.
a.
Judul laporan
b.
Kata pengantar
c.
Daftar isi
d.
Bab perencanaan
diskusi
e.
Bab pelaksanaan
diskusi
f.
Bab kesimpulan
diskusi
g.
Lampiran
Dalam menyusun laporan, harus
diperhatikan hal-hal berikut.
a.
Penyajian
laporan objektif dan faktual
b.
Laporan disusun
secara kronologis dan sistematis
c.
Ditulis dengan
bahasa yang singkat dan jelas
d.
Menghindari
unsur subjektif
D.
Jenis-jenis diskusi
1.
Konferensi
Konferensi adalah pertemuan beberapa perwakilan kelompok atau
organisasi untuk merundingkan suatu masalah tertentu.
2.
Panel
Panel merupakan bentuk diskusi yang terdiri atas beberapa
panelis dan moderator. Panelis terdiri atas orang-orang yang berbeda
keahliannya yang bersepakat mengutarakan pendapat dan pandangannya mengenai suatu
masalah dari kepentingan pengunjung atau majelis. Permasalahan yang
didiskusikan akan memberi penerangan atau perluasan pengetahuan kepada umum
tentang permasalahan yang sedang hidup di masyarakat.
3.
Simposium
-
Simposium
merupakan bentuk diskusi yang digunakan untuk mengetahui berbagai aspek suatu
masalah dalam waktu yang relatif singkat.
-
Simposium
diikuti oleh seorang moderator, beberapa orang pembicara, dan banyak peserta.
4.
Seminar
Seminar sering disebut sebagai diskusi ilmiah meja bundar.
Seminar bertujuan menemukan cara atau jalan pemecahan masalah yang biasanya
diadakan oleh seseorang yang sedang melaksanakan tugas.
5.
Brainstorming
Brainstorming merupakan bentuk diskusi yang digunakan untuk
memecahkan permasalahan. Keterampilan berbicara dan penguasaan teknik
pengutaraan pendapat sangat dibutuhkan. Dalam brainstorming, diharapkan akan
tercetus kritik serta gagasan sebanyak-banyaknya. Semakin aneh, tegas, dan
semakin berani sebuah gagasan, brainstorming dianggap semakin baik.
6.
Kolokium
Kolokium merupakan bentuk diskusi yang menghadirkan
orang-orang yang ahli dalam diskusi sebagai narasumber yang bisa meluruskan
suatu pembicaraan yang menyimpang dari persoalan yang menjadi pokok diskusi.
7.
Workshop atau lokakarya
Workshop atau lokakarya
adalah pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok orang dengan pekerjaan sejenis.
Pembicaraan yang dlakukan berkaitan dengan masalah teknis pekerjaan mereka.
No comments:
Post a Comment